Kamis, 26 September 2013

Tips Berhenti Merokok (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

Aku udah 4 bulanan ini berhenti ngerokok. Kok bisa? Sebenernya berhenti ngerokok itu susah2 gampang. Susahnya pas lagi ada temen nawarin rokok, gampangnya kalau lagi tanggal tua terpaksa gak ngerokok. Terus caranya biar gampang gimana?

Pertama mantapkan niat. Ngupil aja kalau kita gak ada niat pasti gak mungkin kita ngupil, makanya niat itu yang pertama

Kedua yang aku lakukan nyari alasan kenapa ngerokok.
  1.  Misal alasannya biar kelihatan tampan kaya aku *owh sorry aku gak tampan tapi kebangetan gantengnya*pura2 mati*.
  2. Terus misal karena ngelangut*bahasa jawa* ini bahasa indonesianya apa ya!! nganu..berdiam diri tanpa tau apa yang akan di perbuat.
  3.  Buat menenangkan pikiran, entah karena habis di tolak cewek, atau lagi di deketin cewek eh tu cewek ternyata depkolektor.
  4.  Habis makan tanpa rokok, seperti hidup tanpa pacar *malah curcol*.
  5.  Ada juga yang merasa WC gak ada elu(rokok) gak rame, jadi ngeden sambil ngerokok
  6.  Dan alasan lainnya

Kalau udah cari alasan ya udah beli rokok *loh kok jadi gini*jedot2in kepala* oke sorry ane ngetik ini di malam hari jadi agak ngelantur

Kedua, udah tau kan alasan2 kenapa ngerokok. Nah sekarang kita ubah alasan itu jadi alasan untuk tidak merokok:
Misal alasan
  1. Biar kelihatan tampan. Aku nyoba bercermin pertama sambil ngerokok ke dua sambil gak ngerokok. Aku langsung terkejut, ternyata aku tanpa merokokpun tetap tampak sangat tampan *pura2 mati*biar gak di rajam yang baca*. Terus kita bayangin actor, atau bintang olah raga yang tetep tampak keren walaupun gak merokok
  2. Karena ngelangut(berdiam diri tanpa tahu apa yang akan di perbuat) nah kalau saat begini cobaan mulai berat. Sibukan diri kalian, kalau bingun cari kegiatan, sibukan pikiran kalian missal mikirin gebetan kalian yang makin hari maken bahenol, kulitnya makin putih, hidungnya makin menggoda, tatapan matanya bikin klepek2, brewoknya makin tebal *tiba2 hening*
  3.  Buat menenangkan pikiran. Aku gak menampikan fakta ini, rokok emang tebukti bisa bikin pikiran makin tenang, tapi kalau lagi gak ada duit malah bikin pikiran makin peniang gara2 utang rokok di warung sebelah numpuk. Sebenarnya banyak cara buat nenangin pikiran, misal buat yang muslim sholat/dzikir, atau dengerin music, olah raga juga bisa, ngupil jg bisa bikin pikiran tenang*ini aku buktiin, dan emang terbukti tapi tidak secara medis*, dan lain lain
  4.  Habis makan. Susah ini, perlu perlakuan tertentu. Biar gak ngerokok kalau aku habis makan langsung masuk kelas, atau langsung ngerjain sesuatu. Kalau sekarang mah udah agak tahan godaan. Kalau di tawarin rokok sama temen ya di tolak aja *padahal clamitan*. Kalau di tanya temen sepermakan siangan/seper tongkrongan “kenapa gak ngerokok” jawab aja “mulut gw lagi kering nih sob, gak enak kalau buat ngerokok” mudah kan.
  5. Ke Wc tanpa rokok gak asik. Ini mah gampang cara ampuh biar berhenti merokok saat di WC, colekin aja rokok kita ke eok yang kita keluarin. Terus pandangin sampai jijik, kalau gak jijik ya silahkan aja di rokok gak ada yang ngelarang kok.
  6. Kalau buat alasan yang lain cari aja tolak balanya sekreatif kamu, yg penting di bikin enjoy aja. Berhenti ngerokok tanpa paksaan dan siksaan.

Ketiga gak usah bilang ke temen2 perokok kamu kalau kamu niat berhenti ngerokok. Alasanya kenapa?  aku jg gak tau alasannya,pokoknya di usahakan diam2 aja kalau mau berhenti ngerokok. Biar kita, Tuhan dan yg mau support kita aja yg tau.

Keempat  bikin motivasi/alasan kamu untuk gak ngerokok. Kalau aku karena di keluargaku gak ada yang ngerokok, kasihan mereka kena imbasnya dari asap rokok aku *padahal karena utang rokok di warung udah numpuk tapi masih sok bijak*. Kalau babe ku berhenti ngerokok karena mbrojolnya/lahirnya aku di dunia ini dia gak mau aku tercemar asap rokoknya.

Kalau masih susah juga berhenti ngerokok, bearti niat kamu baru setengah2.Ya udah ngerokok atau tidak ngerokok itu kan pilihan kita. Enjoy your life, Be positive, and keep smiling


Sekian celotehan dari aku, kalau ada salah tutur kata dan bahasa aku minta maaf. Terima kasih udah mau mampir dan membaca semoga bermanfaat

1 komentar: